Perempuan Dalam Barisan: Forum Perempuan IPB

“Jika kamu mendidik seorang laki-laki, sesungguhnya engkau hanya mendidik satu dari jutaan penduduk bumi. Tapi jika kamu mendidik seorang perempuan, maka sesungguhnya engkau sedang mendidik sebuah bangsa”

Bismillahirrohmannirrohiim..

Sekapur Sirih
Mahasiswa merupakan penduduk Indonesia yang mendapatkan pendidikan tertinggi dibanding penduduk lainnya. Pengetahuan dan idealismenya menjadikan mahasiswa sebagai agen perubahan (Agent of Change). Mahasiswa sebagai agen perubahan dan kontrol sosial diharapkan mampu membawa perubahan lebih baik bagi Indonesia. Dalam usahanya membawa perubahan tersebut, mahasiswa dipersatukan dengan idealismenya membentuk pergerakan mahasiswa.

Sebuah gerakan mahasiswa membutuhkan keseimbangan gerakan antar anggota. Sebuah gerakan yang baik juga memperhatikan setiap anggota gerakannya itu sendiri, baik dalam hal kapasitas maupun kapabilitas anggota sebuah gerakan. Sedangkan mahasiswa yang tergabung dalam pergerakan mahasiswa tidak hanya mahasiswa laki-laki, namun juga kini telah banyak mahasiswi yang menyadari akan peran dan fungsinya dalam pergerakan sebagai perempuan. Untuk itu sebuah gerakan memerlukan keseimbangan dalam langkahnya. Hal ini yang mendasari diperlukannya sebuah sistem koordinasi serta untuk meningkatkan kapasitas serta kapabilitas para mahasiswi anggota BEM se-IPB. Sehingga urgensi dibentuknya Forum Perempuan IPB ini adalah sebagai supporting system pergerakan, wadah peningkatan kapasitas mahasiswi IPB dalam bidang pergerakan, dan memasifkan pergerakan mahasiswa IPB.

Forum Perempuan IPB
Bermula dari kesadaran akan pentingnya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari perempuan-perempuan pergerakan, lahirlah Forum Perempuan BEM SI pada tahun 2009 di Solo dengan nama awal Aliansi Wanita Seluruh Indonesia (AWSI) yang kemudian berubaha namanya menjadi Forum Perempuan BEM Se-Indonesia pada tahun 2010. Forum Perempuan BEM SI merupakan satu kesatuan dalam aliansi BEM SI dengan fungsi supporting system yang memiliki visi, misi dan isu yang sama dengan yang diangkat oleh BEM SI. Sehingga ketika BEM SI memiliki isu yang diangkat, maka FP BEM SI bertugas untuk ikut serta mensosialisasikan isu tersebut, baik di tataran kampus maupun di tataran wilayah. 

Dalam menjalankan platform yang sudah dibuat, Forum Perempuan BEM SI memerlukan perpanjangan tangan di tiap-tiap kampus yang tergabung dalam aliansi BEM SI. Sehingga, IPB pun membentuk Forum Perempuan IPB sejak tahun 2009. FP IPB memiliki kegiatan berupa forum diskusi pergerakan baik vertikal, horizontal maupun diagonal dan pembahasan permasalahan perempuan baik lingkup institusional, regional maupun nasional berbasis kompetensi mahasiswa. Isu-isu yang dikaji merupakan isu keperempuanan dan ikut meramaikan isu yang dikaji oleh tiap Fakultas, termasuk TPB dan Diploma. Hasil kajian forum diskusi akan dikemas dalam aksi dan propaganda sebagai bentuk aplikasi. 

Keanggotaan dalam FP IPB ini tidak dilakukan open recruitment, sebab FP bukanlah lembaga struktural namun sebagai program kerja yang diusung oleh Kementerian Kebijakan Nasional BEM KM IPB dengan sasaran kegiatannya adalah mahasiswi yang menjadi anggota aktif BEM Se-IPB. Anggota FP IPB adalah seluruh anggota putri BEM Se-IPB (BEM Diploma, TPB, Fakultas, dan KM) dengan kepengurusan perwakilan dua orang anggota putri dari Kementerian atau Departemen Kajian Strategis/ Sosial Politik di BEM Diploma, TPB, dan Fakultas se-IPB. Tujuan dibentuknya FP IPB selain sebagai perpanjangan tangan FP BEM SI adalah sebagai supporting system dalam memasifkan pergerakan mahasiswa IPB, meningkatkan kapasitas mahasiswi IPB dalam bidang pergerakan, meningkatkan budaya intelektual mahasiswi IPB, aktif dalam menggerakkan basis massa di masing-masing sektor, serta meningkatkan semangat kepedulian mahasiswi IPB terhadap isu permasalahan bangsa dan aktif dalam proses pencapaian solusi.

In sya Alloh, luaran yang ingin tercapai dari adanya FP IPB ini adalah terciptanya atmosfir pergerakan mahasiswa yang masif, meningkatnya kapasitas mahasiswi IPB dalam bidang pergerakan, meratanya informasi pergerakan dengan kecepatan yang seimbang di antara mahasiswi IPB, terciptanya pergerakan dengan basis massa yang aktif pada masing-masing bidang, serta terciptanya kesadaran dan kepedulian mahasiswa Institut Pertanian Bogor terhadap isu permasalahan bangsa baik yang bersifat strategis maupun taktis.

Dan untuk mencapai itu semua, Forum Perempuan IPB membutuhkanmu, wahai aktivis perempuan IPB. Mari bersama mewujudkan pergerakan mahasiswa yang masif di kampus kita tercinta, menjadikan amanah yang harus dijalankan ini sebagai jalan pintas menuju surga.

----mungkin kamu bisa bergerak sendiri, tapi jika kita bisa lebih kuat dan rapi dalam barisan ini, mengapa tidak?-- :)

Salam perjuangan! Hidup Mahasiswi!

Koordinator Forum Perempuan IPB 2014
Hermawati Nur Zulaikha

Comments

Post a Comment

Popular Posts