Terlanjur Cinta *tsaaaaahh

Ya ya ya... hari ini dan kemarin penuh ke-hedon-an menyambut RI 1 ke kampus tempat gue dipaksa menghafal slide #eh

haha. Becanda. Pokus pokus.

Jalanan ditutup dari pagi. Yang kuliah di sekitar Fakultas Pertanian (Faperta) dan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) diliburin. Meski ada juga yang dosennya keukeuh cuma pindah ruangan, ga ada libur. Sabar yak. Gue aja jadi jalan pagi-lagi buta demi mencapai Fakultas Peternakan yang ada di ujung IPB dan naik ke lantai 5 dengan tepat waktu *oke ini sudah terlalu lebay*


Denger jadwal, pak Beye ke ipebeh jam 2 siang. Nyampe kampus jam 3-an. Segitu jalanan ditutup semua dari pagi. Kampus dibikin tegang: petugas keamanan, polisi, tentara, pada bertebaran di kampus. Ada aja yang bilang ke gue mau menelin paspampres *oke ini udah kelewat gagal pokus* Tapi lebih banyak yang ngeluh akan kehadiran RI 1 hari ini ke kampus.

- "Ih apa-apaan sih. Eksklusif banget. Presiden doang ampek bikin macet."
- Terus ada yang nyaut lagi, "Mahasiswa dan banyak pihak rempong-rempong cari solusi buat mengatasi kemacetan, presidennya bikin macet."
- "Presiden dateng hebohnya kayak boyband Korea yg dateng"
- dan sebagainya yang syelem juga kalo gue tulis di sini.

Yaaahh...apapun komentarnya, gue ga 'terbakar' sama sekali. Terserah lah mau dateng gimana juga. Daridulu emang kulturnya begitu kan? Pejabat lewat, jalanan ditutup. Ampek dulu pernah ada kecelakaan di tol karena RI 1 lewat. Jadi kangen seseorang #eeeehh #ganyambung

Iya kangen banget. Kangen sama pemimpin paling ideal di seantero jagad raya: Rasulullah SAW. Dilanjutkan khalifah-khalifah sahabat beliau. Yang menyuapi nenek buta yang menghinanya. Yang ga ada yang tahu kalo dia ternyata pemimpin negaranya. Yang setiap malam berkeliling negrinya, memastikan kemanan dan kesejahteraan rakyatnya dengan matanya sendiri. Yang menggendong sendiri karung tepung untuk rakyatnya yang kelaparan. Yang memasakkan makanan untuk rakyatnya. Yang banyak lagi. Yang.....kalo masih ada pemimpin kayak gitu, gue pasti sambut dengan suka cita kalo mau dateng ke kampus gue. Gue suruh nginep aja di kosan sekalian #eh

Seorang temen berpendapat, "Sumpah udah kayak orang apaan aja! Ampek kampus pada ditutup begitu. Istimewa banget sih. Diajak salaman juga gue ogah."

Ya ya ya...gue lagi males koar-koar. Ikut-ikutan ngomen. Satu komen gue, "Ga papalah kita nyenengin hati beliau. Menghormati dan mengistimewakan beliau bak seorang raja. Sebab kita ga tau, di akhirat nanti dia bakal ngedapetin sambutan istimewa macam ini lagi apa engga."

Hehe..gue ga maksud 'menghisab' dosa seseorang ya. Bukan hak gue. Itu hak prerogatif Allah SWT dong. Cuma teringat ama sebuah hadits dari seorang kakak ketika gue mengemban amanah lagi.

"...sesungguhnya (jabatan) itu merupakan amanah, dan sungguh pada Hari Kiamat nanti jabatan itu menjadi sumber kehinaan dan penyesalan, kecuali bagi orang yang memangkunya dengan benar dan mampu menunaikan apa yang telah menjadi kewajibannya.” (HR Muslim)

Bisalah ya kalian nilai sendiri bagaimana kondisi Indonesia saat ini. Lagi males ngebahas. Gue yakin, aktivis-aktivis pergerakan di luar sana lebih paham akan hal ini. Tulisan-tulisan cerdas di luar sana juga udah bertebaran. Aksi-aksi mahasiswa dengan kajian juga udah banyak dilaksanakan. Apa mau gue panas-panasin dikit?

Gimana nasib petani Indonesia saat ini? Gimana nasib pendidikan sampai sekarang? Kasus Century kabarnya gimana? WTO yang lagi hot? BBM udah bisa di-install di android? *eeehh ngaco. maksudnya BBM naik dan makin banyak masalah BBM lainnya *apasiih*

Ya ya ya..silahkan kalo emang udah ngerti pasti sedikit --atau udah hot banget-- kepanasan *kipas mana kipaaass, AC mati nih* Biarin aja dihormati dikit di dunia. Bier seneng.

Tapi gimanapun Indonesia sekarang, gue tetep cinta. Itu yang diajarin bapak gue yang seorang prajurit. Walau dengan gaji dikit, tetep ngebela bangsanya. Walau gue dulu suka asal ngejeplak Indonesia bodoh, miskin, dodol, dan sebagainya, *astaghfirulloh* bapak selalu meralat: yang salah itu yang mimpin, Mbak. Bukan Indonesianya. Indonesia itu negeri yang dirahmati Allah. Makanya bapak bela.

Iya emang bener. Indonesia itu negeri yang dirahmati Allah, in sya Allah. Gimana engga? Gue seorang muslim, jadi gue nyaman dan seneng dengan kondisi banyak muslimnya. Pasti sering denger kan kondisi muslim yang minoritas di negara-negara lain. Terus coba lihat, sebejat dan seburuk apapun tragedi-tragedi yang terjadi di Indonesia, Allah selalu ngasih peringatan dan pertolongan dalam banyak bentuk. Ga langsung di azab kan? *beuh syelem ini mah.

Yakin. Seancur apapun orang-orang pemerintahan, masih ada orang baik di sana. Media cuma mengekspos orang-orang DPR yang tidur di tengah rapat. Tapi sengaja nutupin yang berjuang mati-matian membela rakyat. Sehingga rakyat terus menghujat pemerintah. Membenci pemimpinnya. Kehilangan kepercayaan. Padahal di sana masih ada orang baik lainnya. Yang berjuang antara hidup dan mati melawan mafia. Masih ada yang jujur dan benar-benar menjalankan amanah sebagai wakil rakyat. Hanya saja kelemahannya, kebaikan-kebaikan itu tidak terorganisir. Sedangkan kejahatan sudah mengakar sampai memiliki hierarki.

perikanan di Indonesia. Ikannya enak-enak.
Apapun itu, gue tetep cinta Indonesia. Ibu, bapak, orang Indonesia --meski sbenenrya moyang gue masih berdarah penjajah 350 tahun dan 3.5 tahun. Gue lahir di Indonesia. Gue besar di Indonesia. Gue makan nasi yang dibuat dari beras yang tumbuh di tanah Indonesia. Lauknya sayur yang tumbuh di tanah Indonesia, ikan dan garam dari lautan Indonesia --ga suka produk ikan impor-- ayam yang makan beras Indonesia, dan semuanya dari Indonesia.

Meski hape gue masih buatan Korea dan laptop buat ngetik ini dari Jerman. Biar aja. Yang penting in sya Allah gue manfaatin buat perlahan membangun Indonesia *tsaaaahh

salah satu pertanian di Indonesia. Kebun teh.
Teh Indonesia termasuk favorit di dunia lho!
Yah, terserah aja pak beye mau apa. Mau udahan juga. Gue ga ikutan nolak dan ga ikutan nyambut juga. Gue tetep cinta sama Indonesia-nya. Dan karena sekarang gue masih mahasiswa yang nanti harus bikin LPJ ke rakyat --gue kuliah pake duit rakyat-- dan ujungnya ke Allah, buat gue semua harus imbang. Cinta gue ke Indonesia harus karena Allah. Dan jika Allah alasannya, maka tak ada alasan untuk mengabaikan urusan yang lain demi suatu urusan.

Intinya: gue terlanjur cinta. Walau bagaimanapun kau tetap Indonesia-ku! Merdeka!


Bismillah. Dari sini aku memulai semuanya...



*mohon maaf jika tulisan kali ini ngaco. ditulis dengan segenap perasaan yang membuncah dan bercampur aduk menjadi satu. Persis tiap gemes ngebuka KRS buat liat nilai *eeeehh

Selamat Menjelang UAS bagi Mahasiswa IPB dan se-Indonesia yang sedang atau akan melaksanakannya. LPJ-nya ke Allah lho ya.hihi :)


Comments

Popular Posts