Lebih Dari Sekedar Google

Bismillahirrohmannirrohiim...

Abu Hurairah radhiallahu 'anh berkata: Seorang lelaki datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan bertanya: “Siapakah manusia yang paling berhak untuk aku layani dengan sebaik-baiknya?” Baginda menjawab: “Ibu kamu.” Dia bertanya lagi: “Kemudian siapa?” Baginda menjawab: “Ibu kamu.” Dia bertanya lagi: “Kemudian siapa?” Baginda menjawab: “Ibu kamu.” Dia bertanya lagi: “Kemudian siapa?” Baginda menjawab: “Ayah kamu.” (HR Bukhari)

 hehehe..pasti udah ketebak tulisan ini mau cerita tentang apa.

Tentang gue yang semakin cantik dan langsing *ngimpi. Engga engga engga. Bukan bukan bukan. Tak sudi ku tak sudiii~ *nyanyi* Gue ga secantik yang kalian duga kok. Gue hanya bersyukur punya tubuh manusia yang sempurna. Jangan ngaku cantik, kalo belum sholehah. Soalnya gue masih proses menuju ke sana. Mau bareng? Yuk ah nanti sama-sama menghuni surga, in sya Allah. Sebab surga terlalu luas untuk dihuni seorang diri.

Mulai gagal pokus. Kembali ke inti utama.

Jadi, hari ini hari apa sodara-sodari? Hari Minggu. Tanggal 22 Desember 2013. Yang kata orang-orang Indonesia identik dengan Hari Ibu. Yang membuat timeline pesbuk dan tuitter isinya tulisan-tulisan tentang sesosok makhluk yang paling dicintai tiap makhluk di bumi. Mungkin kalo kucing, ayam, ikan, biawak, kuda dan hewan-hewan lainnya bisa ngomong dan nulis di sosmed, mereka bakal nulis tentang ibunya. Berterima kasih karena sudah berjuang mengandung atau bertelur dan mengerami telurnya selama hari yang sudah Allah tentukan. Bersyukur karena punya induk yang melindungi bayinya sampai mereka siap mencari makan sendiri di alam. Kecuali babi mungkin, karena malu punya ibu babi. Makanya anak babi jalannya nunduk mulu.

Ibunya manusia lebih dari sekedar mengandung dan melahirkan. Ibunya manusia merawat, mendidik, kadang juga mencari nafkah --dalam kondisi tertentu-- melindungi, ga peduli anaknya udah setua apa, tiap tiga jam masih di sms, "Mbak udah makan? Obatnya jangan lupa diminum. Madunya juga, ntar kalo udah habis mama beliin lagi. Tidurnya juga jangan kemaleman ya. Ga usah kebanyakan rapat."

Hahaha, maaf ya Ma, sms mama jarang ditepati. Apalagi yang di ujung kalimat. Maklum mahasiswa banyak yang jadi pejabat kampus :P *gaya banget da ah. bercandaaaaaa.hehe

Lagi-lagi gagal pokus. Jadi intinya?

Kalo kita lihat dari hadits di atas, kan ibu disebut tiga kali tuh dibanding ayah. Karena gue seorang mahasiswa biokimia *tsaaaahh* jadi gue mengait-ngaitkan sedikit dengan bidang keilmuan gue. Seinget gue --semoga ga salah-- memang ada 3 hal yang kita dapat dari ibu secara ilmiah. Setiap manusia punya kromosom X 'kan? Laki-laki XY dan perempuan XX. Sel telur HANYA mengandung kromosom X, sedangkan sperma ada yang X ada yg Y. So, setiap manusia punya kromosom X yang berasal dari sel telur ibu. Dan sel telur itu yang membangun sebagian tubuh dan otak janin dalam kandungan. Jadi, kecerdasan wanita-lah yang bisa diturunkan kepada anaknya. *buru-buru belajar

Kanjeng Mami (emak gue) yang super gahoel
Muah-muah lah buat mami! :*
Baru satu. Yang kedua, ibu yang mengandung kita karena hanya dia yang memiliki rahim. Kalo ayah hamil, mau ditaroh mana? Lambung? Ikut dicerna atuh ya.haha. Dan mengandung itu ga kayak ayam ngeremin telor. 9 bulan 10 hari meeeenn! Dan secara kedokteran, 9 bulan 10 hari itu beda itungannya ama kalender normal kita. Kalender normal jadinya 10-11 bulan. Setahun yeee. Dan di masa-masa itu ibu tersiksa banget --merhatiin ibu yang hamil adik-adik dulu. Awal-awal muntah-muntah, sering mabok, padahal harus makan makanan bergizi karena kebutuhannya jadi dobel gegara ada kita di perutnya. Makin gede keluhannya makin banyak: sesak nafas, berat, tidur miring salah, telentang salah, tengkurep apalagi. Mau ke kamar mandi, belanja, masak, nyuci dan segala kerjaan lainnya kita dibawa-bawa. Udah lahir lebih nyusahin lagi. Ampek sekarang. Malah kita lebih sering nyebelin dan bikin kesel, padahal dari dulu disayang-sayang *mulai deh hidung mampet mata pedes. Tisu mana tisuuu

Yang ketiga dan paling biokimia banget ini teh *sambil ngebetulin kacamata bier kayak pinter* itu DNA Mitokondria. Yang anak IPA pasti tau banget mitokondria itu apaan. Yap! Mitokondria itu pembangkit energinya sel. Kalo ga ada ini ato dia mengalami gangguan/ kerusakan, sel bisa mati. Kalo sel mati, ya kitanya mati. Gimana sih! *ngomel sendiri. Lanjut, DNA Mitokondria itu ternyata berbeda dengan DNA sel tubuh yang lainnya. DNA Mitokondria itu dikode sendiri dan spesial hanya diturunkan oleh wanita. Jadi ayah gabisa menurunkan kode genetik mitokondria-nya. 

Udah 3 kan apa saja yang diberikan Allah lewat ibu secara ilmiah. Mungkin masih banyak lagi, tapi secara umum yang utama ya itu tadi (versi gue). Jadi, apakah itu semua bisa dihargai dengan sekali setahun lewat hari ibu? Padahal hari ibu di Indonesia itu adalah karena pada tanggal 22-25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta (Gedung Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto) para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera pada saat itu berkumpul untuk mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I yang kemudian melahirkan terbentuknya Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Bukan tentang ngasih hadiah ke ibu seperti yang dimaknai orang-orang saat ini.

Jadi keinget, kemarin adik-adik gue ribut-ribut gitu mau ngasih hadiah apa ke mama buat hari ibu. Terus adik yang laki-laki (mungkin ada yang kenal?hehe) nyeletuk bilang ke mama: "Ma, besok hari ibu mau dikasih hadiah apa nih?"

Sebelum Kanjeng Mami (panggilan ledekan buat mama) menjawab, adik yang perempuan nyeletuk lagi: "Yaelah, elu kemarin ulang tahun mama aja ngga ngasih apa-apa. Gaya lu. Kayak punya duit aja."

"Alaaaaaahh...!" Kanjeng Mami mulai nyahut dari dalem kamar. "Ga usah ngebeliin Mama hadiah! Kamu duit aja masih minta Mama, segala pake ngebeliin hadiah. Entar kalo duitnya habis minta Mama lagi. Sama aja Mama beli sendiri."

" Tauk lu," gue ngomporin. "Hadiah buat Mami tuh kamu jadi aja anak sholeh. Ngapalin Al-Qur'an. Bier mami sama babe entar Allah kasih mahkota dan surga di akhirat. Hari ibu itu tiap hari, ga 22 Desember doang."

"Tauk lu," adik yang perempuan ikutan ngomporin lagi. "Bener kata Mbak tuh. Lagian selera elu kan alay. Kalo elu beli hadiah entar dibuang ama mama! Hahahah"

"Alaaaaaahh...!" Kanjeng Mami ribut lagi. Sekarang udah di ruang TV, tempat kita bertiga kumpul. "Kamu juga sama aja. Mama maunya dapet hadiah dari kamu." Kanjeng Mami nunjuk-nunjuk gue.

"Mau hadiah apa Mi? Entar seleraku dibilang alay lagi kalo ngebeliin barang-barang." sahut gue.

"Bukan! Mama minta menantu dari kamu!" Kanjeng Mami nyengir. "Ntar mau pergi ke walimahan temen kan? Sekalian ya cariin Mama mantu. Bier cepet nyusul temenmu itu."

Draaaaaaaaaaaaaaannnggggg *berasa dua buah tutup paci dihantam tepat di samping kuping gue* Kepala langsung pening. Mata berkunang-kunang. Bibir tergugu membisu. Speechless.

"Ampun dah, Kanjeng Mami... Aku masih mau kuliah yang bener. Entar aje dah beres kuliah. Lagian kan aku baru 20 tahun nih. Mami ngerawat aku 20 tahun baru dapet sengsaranya, belum metik enaknya masa udah diambil ama orang." Gue ngeles.

"Ya makanya bier sengsaranya udahan, diambil anak orang." Kanjeng Mami nyengir, berasa menang.

"Aku mau mandi. Mau berangkat." Gue udah kalah omong. Ngeles lagi.

Dan percakapan pikageuleuheun itu harus diakhiri. Gue paling ngeri kalo Kanjeng Mami mulai nyinggung perkara itu. Mungkin kalo temen-temen gue yang G-A-L-A-U punya ibu kayak emak gue seneng kali ya digituin. Kalo gue sih masih bocah, jadi ngeri aja kalo harus 'segera-jadi-ibu' soalnya gue belum bisa jadi Lebih Dari Sekedar GOOGLE kayak emak gue itu.

Gue rasa tiap emak yang bener (baca: yang bener-bener menjalankan amanahnya sebagai seorang ibu) pasti Lebih Dari Sekedar Google yang tau banyak hal.

Ini hasil gue berkontemplasi merhatiin emak gue sejak anak-anaknya masih kecil sampai harus menjadi single parent karena bapak pergi duluan dua tahun yang lalu. Mungkin sudah lelah duluan menghadapi anak-anak radikal seperti kamu bertiga? Haha, enggaklah! Takdir Allah SWT *lagi sholehah*

Ibu itu madrasah pertama bagi anak-anaknya. Guru mana yang sudi ngajarin balita-balita kecil belajar jalan, belajar ngomong, belajar pake baju sendiri, dsb. Ensiklopedi tempat anak nyari tahu hal-hal yang belum dia tau. Nanya kenapa burung bisa terbang, kenapa ayam makannya matok-matok tanah, kenapa kucing bunyinya 'meooonng', kenapa ayam punya merah-merah di kepalanya (jengger dan pial) sedangkan aku enggak? (pertanyaan adik yang perempuan waktu umur 6 tahunan). Kalo mama menjawab "Itu Allah yang ngasih, bier cakep kali ya. Kalo dedek kan punyanya rambut." Sedangkan adik gue yang laki-laki menjawab: "Kalo elu punya jengger, nanti kayak anak alay yang pada ngamen di jalanan!"

Ibu tuh cerdas banget ya? Bisa jadi BANK dan Akuntan sendirian. Tiap bulan bapak setor gaji. Nggak banyak, tapi alhamdulillah rejeki selalu ada bagi mereka yang bersyukur *tsaaaahh. Mama selalu bisa ngatur keuangan keluarga. Buat kebutuhan primer kayak makan sehari-hari, pakaian, sampe cicilan rumah. Kita bertiga juga tetep sekolah, tetep beli buku, tetep ngisi pulsa, beli bensin, bayar angkot, jajan, dan lain-lain. Kece banget ya? Se-rapi itu. Tanpa harus dicatet di buku, mama tetep tau gimana ngaturnya bier keluarga ga pernah kekurangan uang untuk kebutuhan hidup. Pantesan babe gue makin cinteeee *prikitiiiiww~

Mama juga keren, lebih keren dari Syef Fara Kuinn yang sering masak-masak di pinggir pantai ato di taman itu. Bumbu nggak lengkap, sayur seadanya, tetep jadi istimewa. Nggak percaya? Buktinya lebih doyan makan masakan emak kan? Apalagi mahasiswa yang senengnya gratis #ups. Masakannya sejak dulu nggak ada yang lebih enak dari masakan mama. Yaiyalah! Karena dijaga kebersihannya, kualitas gizinya, dan dimasak dengan cinta agar keluarga dan anak-anaknya tumbuh sehat, cerdas, dan bermanfaat bagi umat.

Meski ga pernah kuliah farmasi apalagi kedokteran, mama tau obat apa aja yang harus dipakai untuk nyembuhin anaknya tergantung sakitnya apa. Tau sendiri dosisnya. Beneran dah, gue aja kalo sakit dan harus tinggal terpisah dari mama, bawa obat bingung sendiri obat yang ini buat sakit apa, yang itu minumnya berapa kali. Tinggal sms, mama tau obat apa aja yang harus dipake. Tanpa harus nyari di google.
google doodle Mother's Day
Masih banyak lagi kehebatan seorang ibu. Gue yang ngambil kuliah Psikologi Anak dan dijejali teori-teori perkembangan anak aja ngerasa belum siap untuk mendidik seorang anak, apalagi tiga anak radikal seperti anak-anak emak gue yang Masya Allah.....menguji kesabaran.haha. Tapi tanpa teori-teori itu, anak-anak luar biasa di luar sana tumbuh dengan didikan ibu mereka yang gue yakin, ga pernah kuliah psikologi anak. Berdasarkan insting seorang ibu.

So, hapuskan kegalauan kalian wahai mahasiswa! Ingatlah perjuangan dan pengorbanan orang tua kalian, terutama ibu. Puluhan tahun merawat kita baru dapet sengsaranya, udah mikir yang aneh-aneh aja. Belajar yang bener, tunaikan amanah-amanah kalian. Karena makna 'doa anak sholeh' tidak hanya sekedar kita senantiasa berdoa, tetapi segala perbuatan baik yang seorang anak sholeh lakukan tercatat pahala disi Allah bagi orang tuanya.

Memang, apapun yang kita lakukan, kita nggak akan pernah bisa membayar pengorbanan mereka dengan harta dan apapun yang sifatnya materi. Emang bisa, nyusuin balik emak kalian, ato mengandung emak kalian seperti beliau dulu mengandung kita? Jadi, apalagi yang bisa kita lakukan selain mempersembahkan bagi keduanya surga di kehidupan kekal kelak? In sya Allah, setiap kita punya kesempatan itu. Bismillah..
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (untuk berbakti kepada) kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun maka bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu dan hanya kepada-Kulah kembalimu.“ (Q.S. Luqman: 14)
Hari ibu tidak hanya hari ini. Hari ibu adalah setiap detik, setiap menit, jam, hari dan selamanya. Atlit sumo, karate, judo, angkat besi, dan lain-lain kalah kuat ama seorang ibu. Aiiiihh~ semoga kita (para wanita) kelak bisa menikmati indahnya menjadi seorang ibu yang memiliki banyak pintu surga, dan para laki-laki kelak bisa memiliki istri yang menjadi ibu seperti ibu yang mengasihinya.

Makasih mama sudah bersedia merawat, mendidik, dan mencintai kami bahkan ketika kami sudah bisa berdiri di kaki kami sendiri. Sungguh, tanpa cinta-Nya yang Ia kirimkan lewat dirimu, Mama, kami tak sanggup menjalani hidup ini...

“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.
Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil

trio radikal yang berjuang meraih ridho Allah agar Kanjeng Mami
kelak bisa menikmati jannah-Nya. In sya Allah...









Comments

Popular Posts