Shubuh Petaka : "Kalo Ga Pernah Salah Namanya Bukan Manusia!"

Bismillah
Semoga judul di atas ga kelewat 'ngaco' kaya saya biasanya. Asaan gatel deh ya pake 'saya-saya'an, gue-elo lebih pewe kayaknya.

Oke, sodara-sodara, lama banget gue ga nongol di blog --siapa juga yg nungguin-- dan tiba-tiba sekalinya nongol, nulis yang aneh-aneh. Jangan salahkan emak gue mengandung, tapi salahkan saja media yang selalu ngajarin ga bener *curcol.


Gue punya dua orang adik yang bisa dikatakan masih lucu --masih-- atau maksa dilucu-lucuin karena kalo gue yang ngaku lucu, orang puasanya bisa batal karena pengen ngerendang gue buat lebaran nanti. FYI, yang cowo kelas 1 SMA, yang cewe kelas 4 MI (setara dengan SD). Jadi, kemarin ceritanya lagi emosi dan melankolis perkara #SaveEgypt --yang gatau kebangetan, silahkan cari aja di google ya banyak, jangan bukanya yg aneh2 doang. Gue yang agak ngerti, mencoba memberi penjelasan sama emak dan kedua adik gue kemudian ngajakin berdoa bareng-bareng. Si emak alhamdulillah pengertian dan gampang diajaknya, adik yang cowok dan yg cewek juga si, cuma..... ya namanya anak-anak lah ya, masih perlu banyak belajar.

"Jika orang tua banyak berbuat untuk anak, anak-anak tidak akan tahu apa yang harus dilakukannya." -Elbert Hubbard

Jadi ceritanya, malam itu gue coba berbagi cerita penuh makna --halah gaya-- sama kedua adik gue yang masih polos (mukanya doang) tentang #SaveEgypt beserta hikmahnya. 

gue : "Tuh makanya, kalo disuruh sholat shubuh tuh jangan meleyot! Lihat yang di Mesir, lagi sholat shubuh aja ditembakin."
adik yang cewe : "Itu mah si Arif (nama adik yang cowo)! Aku mah ke mushola sama Meli."
adik yg cowo : "Terus kalo gue ke mushola entar ditembakin dong, Mbak?"
gue : "......."

Maka keesokan harinya, mereka pergi sholat shubuh ke mushola terdekat. Di sekitar tempat gue tinggal, ada dua mushola. Yang satunya mushola perumahan tempat gue tinggal (belum jadi, masih ngebangun gitu, jadi bentuk sementaranya berupa bambu-bambu dengan atap terpal), yang satu lagi ada di kampung sebelah berupa mushola yang udah jadi. Adik yang cewe (namanya Berlin) ke mushola paling deket, mushola perumahan yang masih pake terpal --yang sering banjir kalo malemnya hujan sedangkan adik yang cowo (namanya Arif) ke mushola kampung (sedikit agak jauh).

Besoknya lagi, tepatnya tadi pagi, mereka masih tetep pergi ke mushola. Apalagi si Arif yang gengsi karena adiknya yg anak perempuan aja tetep pergi ke mushola --gue lebih milih jamaah sama si emak di rumah-- jadi dia tetep pergi ke mushola kampung. Tapi sebelum itu, dua-duanya sempet kena omel sama emak gue, entah mengapa

mama  : "Arif, kamu tuh laki-laki. Sana jamaah di mushola!"
Arif     : (dari kecil paling jago ngeles tapi rada-rada gitu) "Ma, sabda Rasul kan katanya di masjid, bukannya di mushola."
mama  : "Banyak omong kamu! Ya udah kalo mau ke mesjid atas sana yang jauh!" (rumah gue posisinya di bawah, nanjak dengan jarak jauuuuuuhhh banget baru ada masjid di pinggir jalan raya) "Eeeehh jangan, ikut adik aja di mushola yg deket, bier silaturahim ama warga sini."
pelaku shubuh petaka : laki-laki (tapi suka milih2
kerudung buat adiknya(?)), kelas X SMA
namanya Arif
Arif : (masuk kamar, ganti baju koko) "Nggak ah, aku mau di kampung aja. Mushola sini apaan, kayak warung tenda gitu."
mama  : (ngeliat adik yg cewek lagi ngeberesin mukena dan ada temennya yang udah nyamper) "Kamu mau ke mushola juga?"
Berlin  : "Iya."
mama : "Awas, ya kamu kan sekolah. Jangan langsung main. Sholat di rumah aja deh kalo niatnya main doang."
Berlin  : "Enggak ah, aku mau ke mushola. Udah ditungguin si Meli."

Dan akhirnya dengan keduanya sama aja ga nurutnya ama orang tua. Gue sih aman-aman aja, jamaahan ama emak gue.haha

Adzan pun dikumandangkan, lima sepuluh menit kemudian iqomah kedengeran (dari mushola kampung yg udah punya speaker). Tapi tiba-tiba pintu belakang bunyi digebrak.

BRUAAAAKK!!

Dan muncullah sesosok bocah berwarna hitam (kulitnya gelap maksudnya :P ) dengan rok warna kuning (tadi pagi si Berlin pake rok warna kuning). Mukanya asem banget.

pelaku shubuh petaka : perempuan, kelas 4 MI
namanya Berlin (ibu kota Jerman)
tapi semua temen gue yg denger namanya bilang
kayak nama gerbang ilegal di kampus -___-
*hanya anak IPB Dramaga dan Allah yg tau 
gue    : "Ngape lu? Kok baru iqomah lu udah pulang?"
Berlin : "Gue belum solat. Mau solat sama Mbak aja."
gue     : "Kok?"
Berlin : "Mushola tempat gue ambruk!"
gue  : (ekspresi datar, tapi kebingungan) "Kok bisa?" (kemudian terdengar suara cekikikan dari dalam kamar)
Berlin : "Iya, semalem kan hujan gede, terpalnya nampung air gitu. Pas gue ke sana, terpalnya udah kayak ****** gede aja bentuknya (silahkan artikan sendiri tanda bintang2nya). Terus byuuuurr!! Ambruk semua yang tempat ceweknya."

Dan sukses, gue ngakak. Suara cekikikan yang tadi ternyata mama yang nahan ketawa di tengah sholat sunnah qobliyah. Untung gue udah sholat pas si Berlin pulang. Kemudian kita bertiga melaksanakan sholat dengan aman, tenang, tentram, nyaman, dan tanpa ada tembakan seperti imajinasi si Arif. Hingga kemudian petaka sesungguhnya dateng, tepat saat gue mencoba untuk tilawah setelah banyak dosa gegara ngakak.

BRUAAAAAKKK!! *pintu belakang dibanting lagi, kali ini pake suara orang lari

BRUAAAAAAKKK!! *lagi, kali ini pintu kamar gue yang didobrak

"Mbak, lu diem dulu, gue mau cerita!!!" *asaan daritadi juga gue diem, belum sempet ngomel gara2 kaget 

Gue diem, gue tungguin. Si Arif narik napas dulu.

"Lu tau kan, kalo gue ke mushola pasti gue milihnya mushola kampung?" Gue manut-manut aja, nungguin. "Jadi, tadi kan gue ke mushola kampung tuh. Tapi rumah-rumah warga pada gelap semua. Gue gatau kenapa." --meeeeenn terus masbuloh gitu kalo lampu kampung pada mati-- "Nah mushola yang biasanya banyak orang tadi sepiiiiiiiiiii banget. Cuma ada satu kakek-kakek yang adzan terus sholawatan gitu."

Gue masih antusias nungguin.

"Terus pas si kakek-kakek itu sholawatan, gue sholat sunnah dulu. Beres gue sholat sunnah, gue pikir kan ga bakal ada jamaah lain lagi tuh, gue berniat untuk iqomah aja, bier si kakek yang jadi imam."

Gue mulai bete, ini bocah kalo cerita prolognya panjang bener.

"Gataunya mic-nya diambil si kakek lagi!!" --dia syok sendiri, gue mulai pengen nabok-- "Gue emang tau banget, kakek-kakek itu emang rakus. Pengen megang mic melulu."

"Yaudah si, elu aja yang jadi imam." sahut gue.

"Tadinya gue pikir gitu. Eeeeeehh malah dia berdiri di tempat imam, di samping mimbar!" --ngaco juga itu kakek-kakek. cuman gue bingung, kenapa adik gue heboh banget cuma gegara ini.

"Alaaaahh gitu doang lu heboh amat si" komen gue, bete.

"Bukan gitu! Terus kan gue jadi ragu buat sholat tuh ya karena banyak hal. Pertama, masa yg iqomah yg jadi imam juga? Terus masa berdua doang posisi solatnya gitu, gue jadi ga nyaman dari awal. Gue yakin, ini pasti ga akan ada lagi yang mau dateng. Orang becek juga jalanannya."

"Terus?" kata gue ga sabar.

"Terus yaudah gue ikutin dulu. Gue jauh semakin galau bin ragu pas si kakek itu baca Al-Fathihah. Tajwid-nya berantakan, dipanjang-panjangin gitu bier kece katanya mah, dan makmumnya gue doang --makin galau aja gue. Terus pas di akhir ayat, gue jawab 'aamiin' agak pelan-pelan gitu. Pas si kakeknya baca surat Al-Insyirah, gue KABUR!!"

gue syok. Ini adik gue kelakukan kayak gini yang ngajarin siapa Ya Allah... Sumpah, gue ga pernah ngajarin ni bocah buat kabur di tengah-tengah solat jamaah, apalagi ibu-bapak gue -_____-"

Sambil tersengal-sengal karena ngakak, dia masih lanjut cerita, "Gue kebayang tuh, entar Al-Fathihah berikutnya ga ad ayang nyaut 'aamiin', apalagi pas baca do'a qunut (di sana biasa pake qunut soalnya). Jamaah-nya ilang gitu! Hahahaha!!"

"Terus elu udah sholat?"

"Udah, gue kabur ke mushola yang biasa Elin (panggilan di rumah buat si Berlin) sholat. Jiaaaaahh ambruk juga mushola-nya. Tapi untung si tempat yg cowo ga ambruk, cuma agak basah-basah dingin gitu."

Emak gue lagi-lagi, di tengah tilawah terpaksa ngerem dulu buat ngakak gegara adik gue yg erornya ga abis-abis, padahal Ramadhan -___-"

Alhasil, si Arif yang biasa tarawih di mushola kampung tsb ga berencana entar malem sholat tarawih di mushola yang rubuh bagian jamaah perempuannya karena takut sama kakek-kakek yang jadi muadzin-yg iqomah-sampe jadi imam *kakek yang tadi udah kenal banget sama kedua adik gue yang bangor-bangor itu dan katanya terkenal super galak di kampung.

Dan gue sendiri jadi kangen sama Al-Hurriyyah *akhir yang ga nyambung

Ibrah yg bisa diambil :

  1. nurut lah sama perkataan orang tua!haha 
  2. "Kalo Bukan Salah Namanya Bukan Manusia!" (ngelesnya si Arif pas dimarahin mama)
  3. dan ibrah lainnya yang silahkan disimpulkan sendiri :P *kalo nemu

Anyway, selamat menempuh 10 hari terakhir Ramadhan dengan semakin meningkatnya amalan. Siapa tau Allah berkenan memberi Lailatul Qadr. Insya Allah, aamiin.. :)





Comments

Post a Comment

Popular Posts